| dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok
dengan pendekatan cognitive behavioral therapy untuk mengurangi prokrastinasi
akademik siswa kelas XI SMA Swasta Primbana Medan Tahun Ajaran 2024/2025.
Jenis penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain pretest
posttest control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA
Swasta Primbana Medan yang berjumlah 34 orang, sedangkan untuk menentukan
sample penelitian ini menggunakan purposive sampling yakni 10 siswa kelas XI-2.
Instrument yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket yang
berjumlah 21 item pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum
diberikan layanan bimbingan kelompok berbasis CBT, tingkat prokrastinasi
akademik siswa berada pada kategori tinggi dengan rata-rata skor sebesar 85,20 dan
standar deviasi 3,05. Setelah diberikan perlakuan, rata-rata skor menurun menjadi
42,50 dengan standar deviasi 11,64 yang berada pada kategori rendah. Berdasarkan
hasil uji Paired Sample t-Test, diperoleh nilai t hitung = 11,597 dengan derajat
kebebasan (df) = 9 dan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) < 0,001. Karena nilai
signifikansi lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest tingkat prokrastinasi
akademik siswa. Penurunan ini menunjukkan adanya perubahan positif setelah
siswa mengikuti layanan bimbingan kelompok berbasis CBT. |
en_US |