Research Repository

EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY (CBT) UNTUK MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS XI SMA SWASTA PRIMBANA MEDAN TAHUN AJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.author SARI, ALVIONITA NURMALA
dc.date.accessioned 2025-10-27T08:15:59Z
dc.date.available 2025-10-27T08:15:59Z
dc.date.issued 2025-08-29
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29403
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan cognitive behavioral therapy untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa kelas XI SMA Swasta Primbana Medan Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain pretest posttest control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Swasta Primbana Medan yang berjumlah 34 orang, sedangkan untuk menentukan sample penelitian ini menggunakan purposive sampling yakni 10 siswa kelas XI-2. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket yang berjumlah 21 item pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok berbasis CBT, tingkat prokrastinasi akademik siswa berada pada kategori tinggi dengan rata-rata skor sebesar 85,20 dan standar deviasi 3,05. Setelah diberikan perlakuan, rata-rata skor menurun menjadi 42,50 dengan standar deviasi 11,64 yang berada pada kategori rendah. Berdasarkan hasil uji Paired Sample t-Test, diperoleh nilai t hitung = 11,597 dengan derajat kebebasan (df) = 9 dan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) < 0,001. Karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest tingkat prokrastinasi akademik siswa. Penurunan ini menunjukkan adanya perubahan positif setelah siswa mengikuti layanan bimbingan kelompok berbasis CBT. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Bimbingan Kelompok en_US
dc.subject Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy en_US
dc.title EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY (CBT) UNTUK MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS XI SMA SWASTA PRIMBANA MEDAN TAHUN AJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account