Research Repository

Analisis Persepsi Siswa Terhadap Integrasi Hafalan Al-Qur’an dan Pembelajaran Bahasa Arab Di MTS Tahfidz Terpadu Anbata

Show simple item record

dc.contributor.author Wannur, Zaim
dc.date.accessioned 2025-10-25T09:52:42Z
dc.date.available 2025-10-25T09:52:42Z
dc.date.issued 2025-09-12
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29374
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi siswa terhadap integrasi antara hafalan Al-Qur’an dan pembelajaran Bahasa Arab di lingkungan pendidikan Islam. Integrasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan pemahaman linguistik siswa serta memperkuat nilai-nilai spiritual dalam proses belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumentasi terhadap siswa di salah satu madrasah tsnawiyah berbasis tahfidz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki persepsi positif terhadap integrasi ini. Mereka merasa bahwa pembelajaran Bahasa Arab menjadi lebih kontekstual dan bermakna ketika dikaitkan langsung dengan teks Al-Qur’an yang mereka hafal. Selain itu, integrasi ini juga membantu meningkatkan motivasi belajar serta memperkuat hafalan melalui pemahaman makna. Namun, beberapa siswa mengungkapkan tantangan dalam hal beban belajar dan perbedaan tingkat kemampuan bahasa yang memengaruhi efektivitas integrasi. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan kurikulum terpadu yang memperhatikan keseimbangan antara aspek linguistik dan spiritual agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Persepsi Siswa en_US
dc.subject Integras Hafalan Al-Qur’an en_US
dc.subject Pembelajaran Bahasa Arab en_US
dc.subject Pendidikan Islam en_US
dc.title Analisis Persepsi Siswa Terhadap Integrasi Hafalan Al-Qur’an dan Pembelajaran Bahasa Arab Di MTS Tahfidz Terpadu Anbata en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account