Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apakah yang mempengaruhi
perilaku konsumen dan bagaimana proses pengambilan keputusan konsumen dalam
pembelian buah anggur shine muscat impor di Brastagi Supermarket Cemara
Medan. Data penelitian ini menggunakan data primer dengan melakukan
penyebaran kuesioner/angket kepada responden penelitian. Sampel penelitian ini
berjumlah 30 responden yang pernah melakukan pembelian dan mengkonsumsi
buah anggur shine muscat. Pada penelitian ini teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah accidental sampling dan teknik analisis data menggunakan
metode SEM-PLS dengan aplikasi SmartPls.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa faktor pribadi dengan nilai
koefisien jalur (0,491) dan faktor sosial (0,446) berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian buah anggur Shine Muscat impor. Hal ini berarti gaya
hidup, pekerjaan, kondisi ekonomi serta pengaruh keluarga dan lingkungan sosial
berperan penting dalam keputusan pembelian konsumen. Sementara itu, faktor
budaya (0,157) dan faktor psikologis (-0,072) tidak memiliki pengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian. Artinya, latar belakang budaya dan motivasi atau
persepsi pribadi terhadap produk tidak cukup kuat dalam memengaruhi perilaku
konsumen untuk membeli buah tersebut.