DSpace Repository

Analisis Pembelajaran Aqidah Akhlak di SMP Ar Rahman Percut

Show simple item record

dc.contributor.author Ilham, Muhammad
dc.date.accessioned 2020-04-10T06:04:12Z
dc.date.available 2020-04-10T06:04:12Z
dc.date.issued 2019-10-05
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2935
dc.description.abstract Muhammad Ilham, 1501020026, Analisis Pembelajaran Aqidah Akhlak Di SMP Ar-Rahman Percut, Jurusan Pendidikan Agama Islam , Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 2019. Pendidikan Aqidah dan Akhlak adalah hal terpenting dalam pembentukan sikap dan tingkah laku anak agar lebih baik dan bermoral. Namun, ketika peneliti melakukan observasi langsung di SMP Ar-Rahman Percut dan melihat fakta yang terjadi di dalam kelas, masih kurangnya guru dalam mempersiapkan pembelajaran. Baik dari media pembelajaran maupun kurang terampilnya guru dalam melaksanakan metode yang bervariasi. Dalam penelitian ini penulis bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak yang digunakan guru di SMP Ar Rahman percut serta kendala-kendala dan upaya apa saja untuk mengatasi problematika dalam pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak di SMP Ar-Rahman Percut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode kualitatif merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan naturalistik untuk mencari dan menemukan pengertian atau pemahaman tentang fenomena dalam suatu latar yang khusus. Penelitian deskriptif merupakan penelitian terhadap fenomena atau populasi tertentu yang diperoleh peneliti dari subyek berupa individu ataupun organisasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti ialah observasi, wawancara dan dokumentasi, adapun analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, serta penarikan dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh ialah Pemberlakuan Kurikulum 13 yang memberikan otonomi kepada sekolah dalam mengembangkan kurikulum di SMP Ar-Rahman Percut, sehingga dalam 1 minggu mata pelajaran Aqidah Akhlak mempunyai alokasi waktu 2 jam pelajaran. Modal dasar ini sudah cukup bagi guru untuk memberikan pelajaran sambil menanamkan nilai-nilai akhlak dan moral Islami bagi peserta didik. Guru akidah akhlak menggunakan Metode ceramah, Tanya jawab, Diskusi serta Kerja Kelompok, Dan seterusnya bagi anak didik supaya mengaplikasikan dalam kehidupan nyata sehari-hari. en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Aqidah Akhlak en_US
dc.title Analisis Pembelajaran Aqidah Akhlak di SMP Ar Rahman Percut en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account