Research Repository

ANALISIS PESAN MORAL PERUNDUNGAN DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PADA AKUN YOUTUBE CERDAS BERKARAKTER GEROBAK PERDAMAIAN

Show simple item record

dc.contributor.author TIARA, AMANDA PUTRI
dc.date.accessioned 2025-10-25T03:00:09Z
dc.date.available 2025-10-25T03:00:09Z
dc.date.issued 2025-08-28
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29352
dc.description.abstract Perundungan atau bullying merupakan perilaku yang dilakukan secara sengaja untuk menyakiti, baik secara fisik, verbal, maupun psikologis, oleh seseorang atau sekelompok orang terhadap individu atau kelompok lain yang merasa tidak mampu membela diri. Iklan Layanan Masyarakat memiliki peran penting dalam menyampaikan pesan sosial dan membentuk kesadaran publik terhadap berbagai isu, mulai dari kesehatan, lingkungan, sampai masalah sosial seperti perundungan. Salah satu platform digital yang saat ini banyak digunakan dalam menyampaikan pesan-pesan sosial adalah YouTube. Video Iklan Layanan Masyarakat ini membahas tentang perundungan yang berjudul Gerobak Perdamaian, yang diunggah oleh akun YouTube Cerdas Berkarater di buat Oleh Kemendikdasmen RI, berdurasi 10 menit 40 detik, sudah ditonton sebanyak 437.000 kali dan disukai oleh sekitar 6,3 ribu orang, akun ini memiliki 371 ribu subscribe dan telah mengunggah sebanyak 799 video. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pesan moral perundungan dalam Iklan Layanan Masyarakat pada akun YouTube Cerdas Berkarakter Gerobak Perdamaian. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah analisis pesan moral. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif kualitatif menggunakan pendekatan teori semiotika Charles Sanders Peirce yaitu Ikon, Indeks, Simbol, atau untuk mengurai tanda-tanda visual, ekspresi tokoh, dialog, serta simbol-simbol. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Iklan Layanan Masyarakat Gerobak Perdamaian secara efektif mampu menyampaikan pesan moral tentang perundungan melalui struktuk narasi, visualisasi, simbol-simbol, serta interaksi antar tokoh yang mengandung nilai edukatif. Bentuk-bentuk perundungan dalam iklan ini tidak hanya disampaikan melalui ekspresi verbal seperti ejekan, tetapi juga melalui simbol-simbol visual yang memperlihatkan dominasi, ketakutan, dan tidak dianggap. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Analisis en_US
dc.subject Pesan Moral en_US
dc.subject Perundungan en_US
dc.subject YouTube en_US
dc.title ANALISIS PESAN MORAL PERUNDUNGAN DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PADA AKUN YOUTUBE CERDAS BERKARAKTER GEROBAK PERDAMAIAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account