Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh bagaimana bentuk pemanfaatan media digital Jasa
Raharja dalam mempromosikan jaminan Guarantee Letter Di Kota Medan, selain
itu masalah yang dijumpai pada masyarakat adalah masih ada beberapa
masyarakat yang belum mengetahui cara penggunaan situs pendaftaran guarantee
letter dan masih ada beberapa masyarakat yang takut data-data pribadi dan
kendaraannya bocor sehingga disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung
jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk pemanfaatan
media digital Jasa Raharja dalam mempromosikan jaminan Guarantee Letter Di
Kota Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian
deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini
ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini teknik analisis
data yang digunakan peneliti adalah teknik analisis kualitatif. Dari penelitian yang
telah dilakukan, maka hasil dari penelitian ini adalah komunikasi yang digunakan
Jasa Raharja juga dapat dipahami sebagai mekanisme pengalihan informasi
ataupun pesan dari kepada masyarakat melalui sarana digital dan perencanaan
promosi yang dilakukan Jasaraharja di lapangan sesuai dengan kebutuhan utama
dari strategi promosi tersebut, yaitu untuk meningkatkan brand jaminan Guarantee
Letter dan juga untuk menarik minat calon nasabah.