dc.description.abstract |
RIZQI PALANDA. NPM 1401020036. Pengaruh Strategi Analogi Terhadap
Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMP
Muhammadiyah 57 Medan T.P 2017/2018. Skripsi Fakultas Agama Isalm
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar Pendidikan Agama Islam yang
masih tergolong rendah. Hal ini terlihat dari rendahnya hasil belajar yang
dicapai siswa yaitu hanya 38,46% yamng memperoleh nilai KKM (Kriteria
Kelulusan Minimal) yaitu nilai 75. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagai
mana motivasi, hasil belajar siswa, dan apakah strategi analogi dapat
mempengaruhi motivasi serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI,
khususnya pada materi Khulafaur ar-Rasyidin di kelas VII-C SMP
Muhammadiyah 57 Medan yang berjumlah 26 siswa. Jenis yang peneliti gunakan
disini ialah penelitian kuantitatif dengan menggunakan beberapa teknik
pengumpulan data yaitu Angket, Essay Tes dan dokumentasi. Pengolahan analisis
data ini menggunakan rumus product moment, validitas, reliabilitas, dan uji
hipotesis. Setelah itu data terkumpul lalu dihitung dengan menggunakan teknik
korelasi product moment dengan memperoleh hasil sebagai berikut: dari hasil
korelasi product moment dengan tabel nilai “r” product moment pada taraf
signifikansi 5% dan 1% diperoleh nilai rxy = 0,631 lebih besar dari pada nilai
rtabel baik itu taraf signifikansi 5% dan 1% (0,396 dan 0,505) dengan formulasi
perbandingan yaitu (0,631 ≥ 0,396 dan 0,505). Maka dapat disimpulkan bahwa
adanya pengaruh positif antara pengaruh penerapan Strategi Analogi Terhadap
Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII-C SMP
Muhammadiyah 57 Medan”. |
en_US |