Research Repository

Pola Komunikasi Guru Dalam Mengatasi Aprehensi Pada Siswa SMA Negeri 3 Tanjungbalai

Show simple item record

dc.date.accessioned 2025-10-24T12:31:37Z
dc.date.available 2025-10-24T12:31:37Z
dc.date.issued 2025-08-28
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29330
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola komunikasi guru dalam mengatasi pemahaman Aprehensi (kecemasan berkomunikasi) yang dialami siswa SMAN 3 selama proses pembelajaran berlangsung. Aprehensi komunikasi merupakan hambatan psikologis yang dapat mengganggu partisipasi aktif siswa di kelas. Guru sebagai aktor utama dalam proses belajar mengajar memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan komunikasi yang mendukung keberanian dan kenyamanan siswa dalam menyampaikan pendapat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam terhadap guru dan siswa kelas XI dan XII di SMA Negeri 3 Tanjungbalai. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teori komunikasi pendidikan dari Talgu et al. (2025), yang mengklasifikasikan peran guru komunikasi ke dalam lima kategori: sebagai pengelola, pengarah, penyampai informasi, penyedia dukungan, dan penggerak semangat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan pola komunikasi yang adaptif dan mendukung psikologis siswa. Guru sebagai pengelola menciptakan suasana kelas yang nyaman; sebagai pengarah memberikan arahan dan motivasi; sebagai penyampai informasi menyampaikan materi secara jelas dan menarik; sebagai penyedia dukungan membangun hubungan emosional; dan sebagai penggerak semangat memotivasi siswa untuk lebih percaya diri. Pola-pola ini secara signifikan membantu siswa mengatasi rasa takut, cemas, dan ragu dalam berkomunikasi di kelas. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Pola Komunikasi en_US
dc.subject Guru en_US
dc.subject Aprehensi en_US
dc.title Pola Komunikasi Guru Dalam Mengatasi Aprehensi Pada Siswa SMA Negeri 3 Tanjungbalai en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account