Abstract:
Dede Maharani, NPM : 1501020029. Konsep Pendidikan Berkemajuan (Analisis Metode
Pembelajaran di SMP Muhammadiyah 57 Medan)
Konsep pendidikan yang diprakarsai oleh K.H Ahmad Dahlan telah melahirkan ide-ide besar dan
merupakan referensi dalam mengelola pendidikan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini
memiliki konsep pemikiran pendidikan K.H Ahmad Dahlan, yaitu: (1) Pragmatis; (2) Pembaruan
(Tajdid); (3) Pendidikan Agama; dan (4) Sosial. Selain itu ada beberapa macam metode
pembelajaran yang menguraikan metode-metode yang sering digunakan dalam pembelajaran
Pendidikan Agama Islam, antara lain: ceramah, Tanya jawab, diskusi, penugasan, eksperimen,
demonstrasi, tutorial / bimbingan dan pemecahan masalah. Metode pembelajaran PAI memiliki
manfaat bagi pendidik dan siswa, baik dalam proses belajar dan belajar dan dalam kehidupan
sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pendidikan yang
memajukan analisis metode pembelajaran di SMP Muhammadiyah 57 Medan. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil
penelitian tentang konsep memajukan pendidikan di SMP Muhammadiyah 57 Medan adalah
bahwa peneliti yang menganalisis metode pembelajaran di sekolah ini sangat baik, tetapi pada
saat penerapan materi pelajaran agama Islam pembelajaran guru belum efektif, karena
kurangnya ruang kelas yang luas dan fasilitas belajar yang terbatas.