Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh
promosi seperti gratis ongkos kirim dan voucher toko shopee mempengaruhi
keputusan pembelian pada mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan sampelnya terdiri dari 90 responden. Teknik pengumpulan data
dilakukan melalui studi pustaka dan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data
yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji hipotesis, dan uji regresi
linear berganda. Uji prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini mencakup uji
asumsi klasik, yang terdiri dari uji normalitas dan uji heteroskedastisitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penawaran gratis ongkos kirim dan
voucher toko memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian pada e-commerce Shopee. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji F yang
memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai R Square sebesar
0,622, yang berarti penawaran gratis ongkos kirim dan voucher toko secara
simultan memberikan kontribusi sebesar 62,2% terhadap keputusan pembelian
mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Secara parsial, gratis ongkos kirim memberikan pengaruh lebih besar dengan nilai
koefisien regresi sebesar 0,612 dan nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 9,857 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 1,661. Sementara itu,
voucher toko juga berpengaruh signifikan dengan nilai koefisien regresi sebesar
0,383 dan nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 6,173 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 1,661. Temuan ini mengindikasikan bahwa
semakin kuatnya penawaran promosi dalam bentuk gratis ongkos kirim dan
voucher toko dapat meningkatkan keputusan pembelian mahasiswa di platform
Shopee. Oleh karena itu, strategi promosi seperti ini disarankan untuk terus
dimaksimalkan guna meningkatkan daya tarik konsumen, khususnya dari kalangan
mahasiswa.