Abstract:
Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan haji, Kementerian Agama
mengembangkan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) sebagai upaya
digitalisasi dalam pengelolaan data dan informasi yang berhubungan dengan
penyelenggaraan ibadah haji. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui
bagaimana efektivitas pelayanan prima pada Sistem Komputerisasi Haji Terpadu
(SISKOHAT) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mandailing Natal.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan prima pada Sistem
Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Di Kantor Kementerian Agama Mandailing
Natal sudah berjalan dengan baik walaupun belum optimal dikarenakan masih
menghadapi kendala berupa jaringan yang kurang stabil. Adapun hasil penelitian
dari kategorisasi menunjukkan bahwa Para staf sudah melayani pelanggan dengan
baik dan mampu menangani masalah yang muncul selama proses pendaftaran. Staff
sudah bersikap baik dalam melayani jamaah. Banyak jamaah merasa terbantu
karena staff ramah, cepat tanggap, dan informatif. Staff peduli pada keluhan jamaah
dan selalu siap membantu jika dibutuhkan. Mereka juga menjelaskan proses
pendaftaran dengan jelas. Staff memberi bantuan nyata kepada jamaah yang
mengalami kendala saat mendaftar. Staff bertanggung jawab atas seluruh proses
pendaftaran dan selalu konsisten membantu jamaah yang mengalami kesulitan