Abstract:
Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi Dokumentasi atau
yang lebih dikenal dengan sebutan E-Public merupakan sistem yang
menghubungkan antara Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)
dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Serdang Bedagai.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Efektivitas Penerapan
Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi Dokumentasi (E-Public)
Pada Dinas Komunikasi dan Informatika di Kabupaten Serdang Bedagai. Metode
penelitian yang digunakan yaitu metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan
media wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
dalam tindakan penerapan sistem informasi sudah dilengkapi dengan infrastruktur
yang mendukung, sumber daya manusia yang kompeten, sarana prasarana,
dukungan anggaran, sosialiasiasi, dan binaan teknologi menjadikan penerapan
sistem informasi publik Pejabat Pengelola Informasi Dokumentasi pada Dinas
Komunikasi dan Informatika Kabupaten Serdang Bedagai ini sudah dapat
dikatakan Efektif. Namun dalam proses pengelolaannya terdapat sistem pelayanan
informasi yang masih memakan waktu cukup lama dalam memberikan feedback.
Hal ini menjadikan sistem informasi E-Public belum cukup maksimal.