Abstract:
SINDY NOVIA : NPM : 1501020070. “PENGARUH PEMBERIAN REWARD
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP PAB-8 SAMPALI”
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar
Pendidikan Agama Islam pada peserta didik kelas VII SMP PAB-8 Sampali.
Penerapan metode pemberian reward bertujuan untuk mengetahui apakah
terdapat pengaruh metode pemberian reward terhadap hasil belajar Pendidikan
Agama Islam di SMP PAB-8 Samapali yang dibatasi dengan materi “Beriman
Kepada Malaikat”. Populasi penelitian ini dengan sampel 30 orang. Populasi
untuk selanjutnya dipiliih satu kelas untuk menentukan mana kelas pre-test dan
post-test.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian eksperimen. Metode yang digunakan yaitu metode reward
(penghargaan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar
siswa antara kelas yang menggunakan metode reward dan yag tidak
menggunakan metode reward. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
observasi, dokumentasi, wawancara dan tes hasil belajar siswa.
Dari hasil koefisien korelasi product moment person dengan tabel nilai
“r” product moment pada taraf signifikasi 5% dan 1% diperoleh rxy = 0,789 lebih
besar dari rtabel baik itu taraf signifikasi 5% dan 1% (0,361 dan 0,463) dengan
formulasi perbandingan yaitu (0,789 ≥ 0,361 dan 0,463). Maka dapat
disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh positif” antara Metode Pemberian
Reward Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP PAB-8 Sampali.