Research Repository

DAMPAK KUALITAS PELAYANAN, PENGALAMAN PENGUNJUNG DAN PROMOSI DIGITAL TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN PADA KAWASAN EKOWISATA KUTALIMBARU

Show simple item record

dc.contributor.author MAS RYAN, DHITO PRANATA
dc.date.accessioned 2025-10-23T02:55:50Z
dc.date.available 2025-10-23T02:55:50Z
dc.date.issued 2025-09-09
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/29276
dc.description.abstract Desa Suka Makmur, terletak di Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, memiliki potensi alam yang besar untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata menarik. Dengan populasi sekitar 3.452 jiwa, sebagian besar penduduk desa adalah petani. Program yang dilaksanakan melibatkan 70 orang dari berbagai kelompok, termasuk pengelola wisata, budidaya lebah, reboisasi, dan pengelolaan limbah plastik. Program ini berhasil mengembangkan beberapa inisiatif, seperti pembentukan kelompok budidaya lebah madu jenis Trigona, penyediaan fasilitas pendukung wisata (toilet, lahan parkir, gapura), reboisasi dengan penanaman 1.200 bibit pohon, serta penemuan kawasan wisata baru di Dusun 10 Tanduk Benua. Website makmurindesa.id dibangun untuk promosi, dan pelatihan pengolahan limbah plastik menghasilkan paving blok. Keberlanjutan program terjamin melalui pengelolaan yang dilakukan oleh kelompok-kelompok yang terbentuk, seperti kelompok pengelola wisata dan kelompok tani hutan, serta pengelola limbah yang bekerja sama dengan karang taruna. Pencapaian ini menunjukkan optimasi potensi desa melalui berbagai program yang telah diimplementasikan. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Wisata en_US
dc.subject Potensi en_US
dc.subject Alam en_US
dc.subject Kelompok en_US
dc.title DAMPAK KUALITAS PELAYANAN, PENGALAMAN PENGUNJUNG DAN PROMOSI DIGITAL TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN PADA KAWASAN EKOWISATA KUTALIMBARU en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account