Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode praktek terbimbing
terhadap pemahaman siswa pada materi perawatan jenazah dalam pendidikan
agama Islam (PAI) di SMA Muhammadiyah 01 Medan. Metode praktek
terbimbing merupakan metode pembelajaran yang memberikan kesempatan
kepada siswa untuk belajar secara langsung di bawah bimbingan guru serta
diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa, terutama
pada materi yang sifstnya praktek seperti perawatan jenazah. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one-group pre and post-test.
Sampel dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 92
siswa, yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Instrumen yang
digunakan adalah tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar sebelum dan
sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang
signifikan pada nilai pre-test dan post-test setelah penerapan metode praktek
terbimbing. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif dari metode praktek
terbimbing dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi perawatan
jenazah. Dengan demikian, metode praktek terbimbing dapat dijadikan sebagai
metode alternatif yang efektif dalam pembelajaran perawatan jenazah, khususnya
pada materi yang membutuhkan keterampilan praktik secara langsung.