| dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh program kampus mengajar
terhadap kesiapan mahasiswa dalam menjalankan tugas sebagai guru.
Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya pendidikan yang berkualitas
dan peran guru yang profesional dalam meningkatkan mutu pendidikan di
indonesia. Kesiapan mengajar merupakan kondisi yang harus dimiliki oleh calon
guru, yang mencakup kemampuan fisik dan mental yang memadai, serta
penguasaan kompetensi yang diperlukan untuk melaksanakan tugas utama sebagai
pendidik dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode dalam Penelitian ini
menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan pendekatan survei untuk
mengumpulkan data dari mahasiswa FKIP UMSU yang terlibat dalam program
kampus mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini berkontribusi
signifikan terhadap peningkatan kesiapan mahasiswa dalam mengajar, dengan
fokus pada pengembangan keterampilan 4c (berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi,
dan komunikasi) yang sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan saat ini
penelitian ini juga mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan
mengajar, baik dari faktor internal seperti minat dan motivasi, maupun faktor
eksternal yang berkaitan dengan lingkungan pendidikan dengan demikian, hasil
penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan
kebijakan pendidikan di indonesia, serta mendorong mahasiswa untuk lebih siap
dan profesional dalam menjalankan peran sebagai guru di masa depan secara
keseluruhan, penelitian ini menegaskan pentingnya program kampus mengajar
dalam mempersiapkan calon guru yang berkualitas, yang pada gilirannya akan
berpengaruh positif terhadap |
en_US |