Research Repository

Pola Komunikasi Guru SMPN 38 Medan dalam Meningkatkan Perubahan Perilaku Belajar Siswa

Show simple item record

dc.contributor.author Hanafiah, Raissa Adhwa
dc.date.accessioned 2025-10-21T11:08:28Z
dc.date.available 2025-10-21T11:08:28Z
dc.date.issued 2025-08-28
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/29224
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan memahami pola komunikasi guru di SMP Negeri 38 Medan dalam upaya meningkatkan perubahan perilaku belajar siswa. Latar belakang penelitian didasari oleh pentingnya komunikasi sebagai sarana membangun interaksi edukatif yang tidak hanya berfungsi menyampaikan materi, tetapi juga memengaruhi sikap, motivasi, serta kedisiplinan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri atas kepala sekolah, guru, dan siswa yang dipilih berdasarkan keterlibatan langsung dalam proses pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan pola komunikasi dua arah yang bersifat terbuka, empatik, dan adaptif terhadap karakter siswa. Strategi yang digunakan mengombinasikan komunikasi verbal dengan penggunaan bahasa yang jelas, membangun, dan memotivasi serta komunikasi nonverbal seperti ekspresi wajah, kontak mata, dan gestur yang memperkuat pesan. Pendekatan ini mampu menciptakan suasana belajar yang nyaman, partisipatif, dan inklusif. Berdasarkan teori Behaviorisme B.F. Skinner, komunikasi guru berperan sebagai stimulus yang memunculkan respons positif siswa berupa peningkatan kedisiplinan, keberanian bertanya, tanggung jawab terhadap tugas, dan keaktifan dalam proses belajar.Selain itu, guru memberikan reinforcement positif melalui pujian, motivasi, dan dukungan personal yang mendorong terjadinya perubahan perilaku belajar secara berkelanjutan. Tantangan yang dihadapi antara lain perbedaan karakter siswa serta latar belakang sosial yang beragam, yang diatasi melalui penyesuaian strategi komunikasi. Penelitian ini menegaskan bahwa pola komunikasi yang efektif merupakan faktor strategis dalam membentuk perilaku belajar positif sekaligus meningkatkan kualitas proses pendidikan. en_US
dc.subject Pola Komunikasi en_US
dc.subject Guru en_US
dc.subject Perilaku Belajar en_US
dc.subject SMPN 38 Medan en_US
dc.subject Teori Behaviorisme en_US
dc.title Pola Komunikasi Guru SMPN 38 Medan dalam Meningkatkan Perubahan Perilaku Belajar Siswa en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account