Research Repository

Analisis Efektivitas Zona Selamat Sekolah (ZoSS) di SMP Negeri 2 Medan Jalan Brigjend Katamso Kota Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Nugraha, Arya
dc.date.accessioned 2025-10-20T11:00:55Z
dc.date.available 2025-10-20T11:00:55Z
dc.date.issued 2025-09-13
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/29197
dc.description.abstract Zona Selamat Sekolah (ZoSS) merupakan program keselamatan lalu lintas yang bertujuan untuk menurunkan kecepatan kendaraan di sekitar sekolah, sehingga memberikan perlindungan dan kenyamanan bagi siswa saat menyeberang jalan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Medan yang berlokasi di Jalan Brigjend Katamso. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas ZoSS berdasarkan kecepatan kendaraan, kepatuhan pengguna jalan, serta kinerja ruas jalan di sekitar lokasi penelitian. Metode penelitian yang digunakan meliputi survei volume lalu lintas, hambatan samping, serta pengukuran kecepatan sesaat (spot speed). Data yang diperoleh dianalisis dengan mengacu pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI, 2023) serta Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor SK.3582/AJ.403/DRJD/2018. Parameter yang dianalisis mencakup kapasitas ruas jalan, derajat kejenuhan, kecepatan arus bebas, dan tingkat kepatuhan kendaraan terhadap batas kecepatan ZoSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan ZoSS di SMP Negeri 2 Medan mampu memberikan pengaruh terhadap penurunan kecepatan kendaraan meskipun tingkat kepatuhan pengendara belum sepenuhnya optimal. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi Dinas Perhubungan Kota Medan serta pihak sekolah untuk meningkatkan efektivitas ZoSS dalam menciptakan lingkungan lalu lintas yang aman, nyaman, dan ramah bagi siswa sekolah. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject ZoSS en_US
dc.subject Efektivitas en_US
dc.subject Kecepatan Kendaraan en_US
dc.title Analisis Efektivitas Zona Selamat Sekolah (ZoSS) di SMP Negeri 2 Medan Jalan Brigjend Katamso Kota Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account