dc.contributor.author |
FARAH DHITA, PUTRI IRAWANTI ZUHRA |
|
dc.date.accessioned |
2025-10-20T04:11:47Z |
|
dc.date.available |
2025-10-20T04:11:47Z |
|
dc.date.issued |
2025-06-17 |
|
dc.identifier.uri |
http://localhost:8080/handle/123456789/29183 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengkaji penerapan layanan
bimbingan kelompok melalui teknik Behavioral Contract dalam upaya
menurunkan kecenderungan perilaku Phubbing pada peserta didik kelas VIII di
SMP Negeri 44 Medan pada Tahun Ajaran 2024/2025. Phubbing merupakan
perilaku mengabaikan interaksi sosial akibat ketergantungan terhadap smartphone,
yang berdampak pada menurunnya kualitas komunikasi dan hubungan sosial siswa.
Pendekatan penelitian yang diadopsi dalam studi ini merupakan pendekatan
kualitatif deskriptif, dengan penerapan teknik pengumpulan data yang mencakup
observasi, wawancara mendalam, serta analisis dokumentasi. Adapun subjek
penelitian terdiri atas berjumlah delapan siswa yang teridentifikasi memiliki
kecenderungan Phubbing . Intervensi dilakukan melalui layanan bimbingan
kelompok dengan penerapan kontrak perilaku diposisikan sebagai suatu bentuk
perjanjian formal antara peserta didik dan konselor yang bertujuan untuk
memodifikasi perilaku yang tidak diharapkan. Temuan penelitian mengindikasikan
bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan Behavioral
Contract terbukti efektif dalam menumbuhkan kesadaran diri siswa secara
signifikan terhadap dampak Phubbing, menumbuhkan kontrol diri, serta
memperbaiki keterampilan sosial siswa. Dengan penerapan yang terstruktur dan
pemberian penguatan positif, siswa menunjukkan perubahan perilaku ke arah yang
lebih adaptif. |
en_US |
dc.publisher |
UMSU |
en_US |
dc.subject |
Phubbing |
en_US |
dc.subject |
Layanan Bimbingan Kelompok |
en_US |
dc.subject |
Teknik Behavioral contract |
en_US |
dc.title |
PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BEHAVIORAL CONTRACT UNTUK MENGURANGI PERILAKU PHUBBING PADA KELAS VIII SMP NEGERI 44 MEDAN TAHUN AJARAN 2024/2025 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |