Abstract:
Kemampuan menggunakan teknologi merupakan kebutuhan penting bagi siswa
SMK yang dipersiapkan untuk menghadapi dunia kerja yang semakin berbasis
digital. Guru memiliki peran penting dalam mengembangkan kemampuan digital
siswa, terutama melalui pola komunikasi yang dibangun selama proses
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi
yang dilakukan guru dapat mendorong pengembangan kemampuan digital siswa di
SMK Swasta Cerdas Murni Deli Serdang, khususnya pada jurusan Teknik
Komputer dan Jaringan (TKJ). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif
deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Informan dalam penelitian terdiri dari empat orang guru produktif
dan tiga siswa kelas XII TKJ. Teori yang digunakan adalah teori komunikasi
pendidikan dari Joseph DeVito yang menekankan pentingnya komunikasi dua arah
dan keberadaan umpan balik dalam proses belajar. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa komunikasi guru yang terjalin secara efektif, baik secara langsung maupun
melalui platform digital seperti WhatsApp dan Google Classroom, mampu
meningkatkan keterampilan digital siswa secara signifikan. Guru tidak hanya
memberikan materi pelajaran, tetapi juga memfasilitasi penggunaan berbagai
aplikasi digital, membimbing proses kolaborasi, dan menanamkan nilai-nilai etika
dalam pemanfaatan teknologi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peran
komunikasi guru sangat penting dalam membentuk literasi digital siswa dan
mendukung kesiapan mereka menghadapi tantangan dunia kerja modern.