dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendekatan karir super
dalam mengoptimalkan perencanaan karir siswa kelas XII SMK Swasta Budi
Agung Medan TA. 2024/2025. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat siswa yang
perencanaan karirnya sangat rendah. Melalui pendekatan karir super diharapkan
perencanaan karir siswa dapat ditingkatkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
aspek dengan presentase tertinggi terdapat pada Orientasi Karir (89,33%), diikuti
oleh Pengetahuan Keputusan Karir (86,67%) dan Perencanaan Karir (73,33%),
yang menandakan sebagian besar siswa telah memiliki arah dan rencana karir
yang cukup jelas. Namun, pada aspek Eksplorasi Karir (62,27%) dan Pengetahuan
Karir (66,67%), siswa masih berada pada kategori sedang. Adapun capaian
terendah pada Realisasi Karir (46,67%). Jadi, penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana perencanaan karir siswa sebelum mendapatkan pendekatan
karir super, dan untuk mengetahui apakah pendekatan karir super dapat
mengoptimalkan perencanaan karir siswa. Setelah pendekatan karir Donlad Super
diberikan kepada seluruh siswa dapat membantu siswa dalam mengoptimalkan
perencanaan karir yang akan mereka pilih. Dari hasil penelitian, implikasi
pendekatan karir super dalam mengoptimalkan perencanaan karir siswa kelas XII
SMK Budi Agung terbilang cukup efektif dan efisien. |
en_US |