Research Repository

ANALISIS DAN IMPLEMENTASI ALGORITMA GRAPHIC RATING SCALE PADA KINERJA GURU DI SD NEGERI 173270 SIBORONGBORONG

Show simple item record

dc.contributor.author ANUGRAH A, PUTRA TG HABEAHAN
dc.date.accessioned 2025-10-17T04:13:11Z
dc.date.available 2025-10-17T04:13:11Z
dc.date.issued 2025-08-17
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/29135
dc.description.abstract Penilaian kinerja guru merupakan salah satu aspek penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar. Proses penilaian yang objektif dan terukur dapat membantu pihak sekolah dalam menentukan strategi pengembangan kompetensi guru secara tepat sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengimplementasikan algoritma Graphic Rating Scale (GRS) dalam penilaian kinerja guru di SD Negeri 173270 Siborongborong. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner yang disusun berdasarkan indikator kinerja guru sesuai standar pendidikan nasional. Algoritma GRS diterapkan untuk mengubah data penilaian menjadi skor terukur yang selanjutnya dikategorikan ke dalam tingkat kinerja tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan algoritma GRS mampu memberikan penilaian yang lebih sistematis, transparan, dan mudah dipahami oleh pihak sekolah. Implementasi ini juga membantu mengidentifikasi aspek-aspek kinerja yang perlu ditingkatkan, sehingga dapat menjadi dasar pengambilan keputusan dalam pembinaan guru. Dengan demikian, penggunaan algoritma GRS terbukti efektif dalam mendukung proses evaluasi kinerja guru secara objektif dan akurat. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Graphic Rating Scale en_US
dc.subject Kinerja Guru en_US
dc.subject Evaluasi en_US
dc.subject Penilaian en_US
dc.subject Sekolah Dasar en_US
dc.title ANALISIS DAN IMPLEMENTASI ALGORITMA GRAPHIC RATING SCALE PADA KINERJA GURU DI SD NEGERI 173270 SIBORONGBORONG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account