Abstract:
Penilaian kinerja guru merupakan salah satu aspek penting dalam
meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar. Proses penilaian yang objektif dan
terukur dapat membantu pihak sekolah dalam menentukan strategi pengembangan
kompetensi guru secara tepat sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
dan mengimplementasikan algoritma Graphic Rating Scale (GRS) dalam penilaian
kinerja guru di SD Negeri 173270 Siborongborong. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui
observasi, wawancara, dan kuesioner yang disusun berdasarkan indikator kinerja
guru sesuai standar pendidikan nasional. Algoritma GRS diterapkan untuk
mengubah data penilaian menjadi skor terukur yang selanjutnya dikategorikan ke
dalam tingkat kinerja tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
algoritma GRS mampu memberikan penilaian yang lebih sistematis, transparan,
dan mudah dipahami oleh pihak sekolah. Implementasi ini juga membantu
mengidentifikasi aspek-aspek kinerja yang perlu ditingkatkan, sehingga dapat
menjadi dasar pengambilan keputusan dalam pembinaan guru. Dengan demikian,
penggunaan algoritma GRS terbukti efektif dalam mendukung proses evaluasi
kinerja guru secara objektif dan akurat.