Research Repository

PENGARUH PENDEKATAN KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 57 MEDAN TIMUR T.P 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.author NURJAMIL, KHARISMA
dc.date.accessioned 2025-10-16T04:07:26Z
dc.date.available 2025-10-16T04:07:26Z
dc.date.issued 2025-06-17
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/29113
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat konsep diri pada siswa. Dalam proses pembelajar, masih ditemui siswa yang menunjukkan kurangnya kepercayaan diri saat berbagi pendapat, merasa tidak berharga, serta menghadapi kesulitan dalam berinteraksi sosial dan menghadapi tantangan akademis. pendekatan yang diberikan oleh guru dianggap masih belum optimal, sehingga tidak sepenuhnya membantu siswa untuk mengenali serta mengembangkan potensi diri mereka secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana pendekatan kognitif dapat meningkatkan konsep diri siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 57 Medan Timur T.P 2024/2025. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pendekatan kognitif, sementara variabel dependen adalah konsep diri siswa. Uji hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan uji T, menggunakan Paired Sample T-Test setelah melewati uji validitas dan reliabilitas. Hasil dari uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Ini berarti 0,000> 0,05. Dengan demikian, Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari Pengaruh pendekatan kognitif terhadap peningkatan konsep diri siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 57 Medan Timur. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Pendekatan Kognitif en_US
dc.subject Konsep Diri Siswa en_US
dc.title PENGARUH PENDEKATAN KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 57 MEDAN TIMUR T.P 2024/2025 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account