dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat konsep diri pada siswa.
Dalam proses pembelajar, masih ditemui siswa yang menunjukkan kurangnya
kepercayaan diri saat berbagi pendapat, merasa tidak berharga, serta menghadapi
kesulitan dalam berinteraksi sosial dan menghadapi tantangan akademis.
pendekatan yang diberikan oleh guru dianggap masih belum optimal, sehingga
tidak sepenuhnya membantu siswa untuk mengenali serta mengembangkan potensi
diri mereka secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh
mana pendekatan kognitif dapat meningkatkan konsep diri siswa. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 57 Medan Timur T.P 2024/2025.
Variabel independen dalam penelitian ini adalah pendekatan kognitif, sementara
variabel dependen adalah konsep diri siswa. Uji hipotesis dalam penelitian ini
dilakukan dengan uji T, menggunakan Paired Sample T-Test setelah melewati uji
validitas dan reliabilitas. Hasil dari uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi
sebesar 0,000. Ini berarti 0,000> 0,05. Dengan demikian, Ha diterima. Dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari Pengaruh pendekatan kognitif
terhadap peningkatan konsep diri siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 57 Medan
Timur. |
en_US |