Research Repository

PENGARUH SHARIAH COMPLIANCE DAN SPIRITUAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN NASABAH Pada PT BPRS Al-Washliayah MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author ARDIANSYAH, DEDEK
dc.date.accessioned 2025-10-16T03:27:02Z
dc.date.available 2025-10-16T03:27:02Z
dc.date.issued 2025-08-15
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/29110
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hal hal berikut: (1) dampak Compliance Shariah terhadap Kepuasan Nasabah; (2) dampak Spiritual Marketing terhadap Kepuasan Nasabah; dan (3) dampak Syariah dan Spiritual Marketing terhadap Kepuasan Nasabah di PT BPRS Al-Washliyah Medan. Sebanyak 850 nasabah pemegang akad pembiayaan aktif (2022-2024) digunakan dalam analisis kuantitatif penelitian ini. Sebanyak 89 responden disurvei dengan menggunakan rumus Slovin (margin kesalahan 10%). Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner skala Likert dan dianalisis dengan menggunakan metrik berikut: validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linier, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan secara parsial, Shariah Compliance berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah (t-hitung = 4,603 > t-tabel = 1,987; signifikansi 0,000 < 0,05). Secara parsial, Spiritual Marketing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah (t-hitung = 3,630 > t-tabel = 1,987; signifikansi 0,000 < 0,05). Secara simultan, Shariah Compliance dan Spiritual Marketing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah (F-hitung = 188,950 > F-tabel = 2,36;) dengan kontribusi 12% (R² = 0,120) kedua variabel independen tersebut dalam menjelaskan kepuasan nasabah adalah sebesar 12%, yang ditunjukkan oleh nilai Koefisien Determinasi (R²) sebesar 0,120, sementara sisanya 88% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Shariah Compliance en_US
dc.subject Spiritual Marketing en_US
dc.subject Terhadap Kepuasan Nasabah en_US
dc.title PENGARUH SHARIAH COMPLIANCE DAN SPIRITUAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN NASABAH Pada PT BPRS Al-Washliayah MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account