Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hal
hal berikut: (1) dampak Compliance Shariah terhadap Kepuasan Nasabah; (2)
dampak Spiritual Marketing terhadap Kepuasan Nasabah; dan (3) dampak Syariah
dan Spiritual Marketing terhadap Kepuasan Nasabah di PT BPRS Al-Washliyah
Medan. Sebanyak 850 nasabah pemegang akad pembiayaan aktif (2022-2024)
digunakan dalam analisis kuantitatif penelitian ini. Sebanyak 89 responden disurvei
dengan menggunakan rumus Slovin (margin kesalahan 10%). Data dikumpulkan
dengan menggunakan kuesioner skala Likert dan dianalisis dengan menggunakan
metrik berikut: validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linier, uji t, uji F, dan
koefisien determinasi (R²).
Hasil penelitian menunjukkan secara parsial, Shariah Compliance
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah (t-hitung = 4,603 > t-tabel =
1,987; signifikansi 0,000 < 0,05). Secara parsial, Spiritual Marketing berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan nasabah (t-hitung = 3,630 > t-tabel = 1,987;
signifikansi 0,000 < 0,05). Secara simultan, Shariah Compliance dan Spiritual
Marketing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah (F-hitung = 188,950
> F-tabel = 2,36;) dengan kontribusi 12% (R² = 0,120) kedua variabel independen
tersebut dalam menjelaskan kepuasan nasabah adalah sebesar 12%, yang
ditunjukkan oleh nilai Koefisien Determinasi (R²) sebesar 0,120, sementara sisanya
88% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini.