Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran ANTALOG
(Anak Tangga Logaritma) pada materi logaritma kelas X di SMA Budi Satrya
Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development
(R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu
Analysis, Design,Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek uji coba
penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Budi satrya Medan. Instrument
penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli
media, angket siswa, serta tes hasil belajar (Pretest dan Posttest). Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Antalog yang dikembangkan valid
dengan nilai rata – rata validasi ahli materi 77,5% dan validasi ahli media sebesar
94,4%. Kepraktisan media berada pada kategori sangat praktis dengan nilai rata –
rata angket respon siswa 91,5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran Antalog (Anak Tangga Logaritma) layak digunakan sebagai media
pembelajaran untuk meningkatkan pemhaman konsep siswa pada materi logaritma
di SMA Budi Satrya Medan.