Research Repository

Pengaruh Financial Technology dan Impulsive Buying Terhadap Transaksi Belanja Online Di Kalangan Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)

Show simple item record

dc.contributor.author Panggabean, Arif Winanda
dc.date.accessioned 2025-10-15T10:30:38Z
dc.date.available 2025-10-15T10:30:38Z
dc.date.issued 2025-07-22
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/29091
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh layanan financial technology (fintech) dan perilaku impulsive buying terhadap transaksi belanja online di kalangan mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) angkatan 2021. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada perkembangan teknologi yang semakin pesat, khususnya dalam layanan keuangan digital yang memudahkan transaksi. Di sisi lain, kemudahan tersebut memicu perilaku pembelian impulsif yang berdampak pada pola konsumsi mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survey melalui kuesioner yang disebarkan kepada 95 responden, yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda untuk menguji pengaruh simultan maupun parsial dari variabel fintech dan impulsive buying terhadap transaksi belanja online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan fintech berpengaruh signifikan terhadap transaksi belanja online secara parsial, demikian juga perilaku impulsive buying yang memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan transaksi belanja online. Secara simultan, kedua variabel tersebut secara bersama sama mempengaruhi transaksi belanja online mahasiswa. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan literasi keuangan dan pemahaman perilaku konsumsi mahasiswa di era digital. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Financial Technology en_US
dc.subject Impulsive Buying en_US
dc.subject Transaksi Belanja Online en_US
dc.subject Mahasiswa en_US
dc.subject E-commerce en_US
dc.title Pengaruh Financial Technology dan Impulsive Buying Terhadap Transaksi Belanja Online Di Kalangan Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account