dc.description.abstract |
Pembelajaran merupakan proses interaksi timbal balik antara pendidik dan peserta
didik dalam suatu lingkungan belajar yang terarah. Dalam konteks Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), penerapan strategi pengajaran yang
efektif mencakup perumusan tujuan, penyusunan materi, perencanaan aktivitas
belajar, pemilihan metode, pemanfaatan media dan sumber belajar, serta
pelaksanaan evaluasi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor
faktor pendukung dan penghambat, sekaligus menganalisis penerapan model
pembelajaran inkuiri dalam upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik
pada materi Hak dan Kewajiban Warga Negara di kelas XI SMK Tritech
Informatika Medan Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan
metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berfokus pada situasi pembelajaran
di kelas XI SMK Tritech Informatika Medan. PTK merupakan suatu bentuk
penelitian yang dilakukan oleh pendidik di kelasnya sendiri melalui proses
refleksi dan perbaikan berkelanjutan, dengan tujuan meningkatkan kualitas
pembelajaran. Dalam penelitian ini, penerapan model pembelajaran inkuiri
difokuskan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada materi Hak
dan Kewajiban Warga Negara pada mata pelajaran PPKn Tahun Pelajaran
2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar
siswa pada materi Hak dan Kewajiban Warga Negara melalui penerapan model
pembelajaran inkuiri. Penelitian melibatkan 56 siswa yang terbagi dalam dua
kelas, yaitu TKJ 1 dan TKJ 2 kelas XI SMK Tritech Informatika Medan. Pada
tahap pra-tindakan, nilai rata-rata kelas berada pada kisaran 65% dengan jumlah
siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 28 orang. Setelah penerapan model
pembelajaran inkuiri pada siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 80% dengan
ketuntasan 40 siswa. Peningkatan kembali terlihat pada siklus II, di mana nilai
rata-rata mencapai 85% dan jumlah siswa yang tuntas bertambah menjadi 50
orang. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model
pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi Hak
dan Kewajiban Warga Negara di kelas XI SMK Tritech Informatika Medan.
Peningkatan yang dicapai pada siklus II berada pada kategori sangat tinggi,
sehingga membuktikan bahwa model pembelajaran inkuiri efektif dalam
membantu siswa memahami materi secara lebih mendalam. Dengan demikian,
model ini dapat menjadi salah satu alternatif strategi pembelajaran yang dapat
digunakan guru untuk menciptakan proses belajar yang lebih interaktif, bermakna,
dan sesuai dengan tujuan pembelajaran PPKn. |
en_US |