dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas produk dapat
mempengaruhi kepuasan konsumen aplikasi shopee pada mahasiswa Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMSU. Metode dalam penelitian ini
menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif karena objek yang akan
diteliti diwujudkan dalam bentuk angka dan dianalisis berdasarkan analisis
statistik. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 mahasiswa FKIP UMSU
stambuk 2021.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kualitas produk terhadap
kepuasan konsumen shopee pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan UMSU, hal tersebut dapat ditunjukkan dari hasil analisis regresi linier
sederhana menunjukkan bahwa nilai Fhitung sebesar 40,393 dengan tingkat
signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari kualitas produk (X)
terhadap kepuasan konsumen shopee (Y) pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan UMSU. Sedangkan dari hasil analisis, diperoleh nilai
signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, serta nilai thitung sebesar
6,356 yang lebih besar dari ttabel 1,991. Dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa hipotesis penelitian ini diterima, yang berarti bahwa variabel kualitas
produk (X) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan
konsumen shopee (Y) pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
UMSU. |
en_US |