Research Repository

PENGARUH HARGA EMAS, PROMOSI DAN PENGETAHUAN TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT MEMILIH PRODUK GADAI EMAS DI PT. BANK ACEH SYARIAH KOTA MEDAN (Studi kasus Masyarakat Dusun III Desa Telaga Sari Tanjung Morawa)

Show simple item record

dc.contributor.author ANDINI, NURI
dc.date.accessioned 2025-10-15T03:00:29Z
dc.date.available 2025-10-15T03:00:29Z
dc.date.issued 2025-08-25
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/29078
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui harga emasterhadap keputusan masyarakat memilih produk gadai emas di Bank Aceh Syariah Kota Medan(2) untuk mengetahui promosi terhadap keputusan masyarakat memilih produk gadai emas di Bank Aceh Syariah Kota Medan(3)untuk mengetahui pengetahuan terhadap keputusan masyarakat memilih produk gadai emas di Bank Aceh Syariah Kota Medan, dan (4) untuk menganalisis secara simultan pengaruhHarga emas, Promosi dan Pengetahuan terhadap keputusan masyarakat memilih produk gadai emas di Bank Aceh Syariah Kota Medan. Lokasi penelitian dilaksanakan di Dusun III Desa Telaga Sari, Kec. Tanjung Morawa, Kab. Deli serdang, Sumatera Utara. Metode penelitian ini adalah kuantitatif, dengan bantuan software SPSS 20. Berdasarkan kuesioner yang disebarkan kepada responden sebanyak 89 menunjukkan bahwa harga emas (X1) tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan masyarakat sebesar 5,2%. Kemudian promosi (X2) memiliki pengaruh dan signifikan terhadap keputusan masyarakat sebesar 31,6% dan pengetahuan (X3) memiliki pengaruh dan signifikan terhadap keputusan masyarakat sebesar 51,8%. Sedangkan secara simultan menunjukkan bahwa harga emas, promosi dan pengetahuan berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan masyarakat sebesar 38,6% sedangkan sisanya sebesar 61,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam variabel penelitian. Pada penelitian ini disimpulkan bahwa harga emas tidak memilik pengaruh terhadap keputusan masyarakat memilih produk gadai emas di Bank Aceh Syariah Kota Medan, naik atau turunnya harga emas tidak menjadi faktor masyarakat untuk menggadai. Namun pada variabel Promosi dan Pengetahuan menjadi faktor pemicu terhadap keputusan masayarakat untuk memilih produk gadai emas di Bank Aceh Syariah Kota Medan dikarenakan hasilnya berpengaruh dan signifikan. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Harga Emas en_US
dc.subject Promosi en_US
dc.title PENGARUH HARGA EMAS, PROMOSI DAN PENGETAHUAN TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT MEMILIH PRODUK GADAI EMAS DI PT. BANK ACEH SYARIAH KOTA MEDAN (Studi kasus Masyarakat Dusun III Desa Telaga Sari Tanjung Morawa) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account