Abstract:
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui harga emasterhadap keputusan
masyarakat memilih produk gadai emas di Bank Aceh Syariah Kota Medan(2)
untuk mengetahui promosi terhadap keputusan masyarakat memilih produk gadai
emas di Bank Aceh Syariah Kota Medan(3)untuk mengetahui pengetahuan
terhadap keputusan masyarakat memilih produk gadai emas di Bank Aceh
Syariah Kota Medan, dan (4) untuk menganalisis secara simultan pengaruhHarga
emas, Promosi dan Pengetahuan terhadap keputusan masyarakat memilih produk
gadai emas di Bank Aceh Syariah Kota Medan. Lokasi penelitian dilaksanakan di
Dusun III Desa Telaga Sari, Kec. Tanjung Morawa, Kab. Deli serdang, Sumatera
Utara. Metode penelitian ini adalah kuantitatif, dengan bantuan software SPSS
20. Berdasarkan kuesioner yang disebarkan kepada responden sebanyak 89
menunjukkan bahwa harga emas (X1) tidak memiliki pengaruh dan tidak
signifikan terhadap keputusan masyarakat sebesar 5,2%. Kemudian promosi (X2)
memiliki pengaruh dan signifikan terhadap keputusan masyarakat sebesar 31,6%
dan pengetahuan (X3) memiliki pengaruh dan signifikan terhadap keputusan
masyarakat sebesar 51,8%. Sedangkan secara simultan menunjukkan bahwa
harga emas, promosi dan pengetahuan berpengaruh dan signifikan terhadap
keputusan masyarakat sebesar 38,6% sedangkan sisanya sebesar 61,4%
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam variabel penelitian.
Pada penelitian ini disimpulkan bahwa harga emas tidak memilik pengaruh
terhadap keputusan masyarakat memilih produk gadai emas di Bank Aceh
Syariah Kota Medan, naik atau turunnya harga emas tidak menjadi faktor
masyarakat untuk menggadai. Namun pada variabel Promosi dan Pengetahuan
menjadi faktor pemicu terhadap keputusan masayarakat untuk memilih produk
gadai emas di Bank Aceh Syariah Kota Medan dikarenakan hasilnya berpengaruh
dan signifikan.