Research Repository

Strategi Komunikasi Badan Pendapatan Daerah Kota Medan dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Membayar Pajak Bumi dan Bangunan

Show simple item record

dc.contributor.author Irawan, Axl Jasmine
dc.date.accessioned 2025-10-14T11:06:59Z
dc.date.available 2025-10-14T11:06:59Z
dc.date.issued 2025-08-28
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/29061
dc.description.abstract Kesadaran masyarakat dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) merupakan faktor penting dalam mendukung peningkatan pendapatan asli daerah. Namun, masih ditemukan masyarakat yang kurang memahami pentingnya kewajiban tersebut, sehingga berdampak pada rendahnya tingkat kepatuhan dalam pembayaran PBB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Medan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar PBB. Penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi dan teori kesadaran masyarakat sebagai landasan analisis. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam terhadap empat informan, yaitu dua orang dari pihak Bapenda (Kepala Sub Bidang Umum dan Kepala Sub Bidang Pajak Bumi dan Bangunan) serta dua orang wajib pajak dari masyarakat. Analisis data adalah proses penelitian yang dilakukan setelah mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, kemudian menarik kesimpulan dan verifikasi dari hasil penelitian secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang diterapkan Bapenda bersifat informatif, persuasif, regulatif, dan integratif. Strategi tersebut dilakukan melalui media cetak, media sosial, penyampaian surat pemberitahuan, serta pendekatan langsung melalui kepala lingkungan dan kegiatan jemput bola seperti mobil pelayanan keliling. Dari sisi masyarakat, diketahui bahwa tingkat kesadaran masih beragam. Wajib pajak yang lebih tua cenderung lebih patuh, sementara generasi muda masih kurang memahami urgensi membayar PBB. Dengan strategi komunikasi yang lebih intensif dan melibatkan berbagai pihak, Bapenda mampu mendorong peningkatan pemahaman dan kepatuhan masyarakat dalam memenuhi kewajibannya. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Bapenda Kota Medan en_US
dc.subject Strategi Komunikasi en_US
dc.subject Kesadaran Masyarakat en_US
dc.subject Pajak Bumi dan Bangunan en_US
dc.title Strategi Komunikasi Badan Pendapatan Daerah Kota Medan dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Membayar Pajak Bumi dan Bangunan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account