Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengunjung terhadap estetika
visual interior Coffee Shop Komma Ground Medan serta menganalisis bagaimana
elemen visual mempengaruhi pengalaman dan penilaian pengunjung. Latar
belakang penelitian ini disadari oleh fenomena berkembangnya coffee shop sebagai
ruang publik multifungsi yang menggabungkan fungsi sosial, komersial, dan
estetika. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif,
melibatkan lima narasumber yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data
diperoleh melalui wawancara semi-struktur, observasi, dan dokumentasi, kemudian
dianalisis untuk mengidentifikasi makna, pengalaman, dan penilaian pengunjung
terhadap desain interior. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen interior
seperti tata letak terbuka, penggunaan material alami, dan buatan, pelet warna
netral, furniture minimalis, serta dekorasi tanaman memberikan kenyamanan,
tenang, dan mendukung aktivitas seperti belajar, bekerja dan maupun bersantai.
Visual interior Komma Ground juga mendorong interaksi sosial dan sering
dijadikan latar untuk konten media social. Secara keseluruhan, estetika visual
interior Komma Ground dinilai telah selaras dengan identitas dan target pasar, serta
berkontribusi pada pembentukan citra positif dan loyalitas pengunjung.