dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manfaat teknologi Artificial
Intelligence (AI) terhadap kompetensi akademik mahasiswa Pendidikan
Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan
dengan teknik total sampling dari seluruh populasi mahasiswa Program Studi
Pendidikan Akuntansi stambuk 2021–2023 dengan jumlah 61 orang. Instrumen
penelitian yang digunakan berupa kuesioner dengan skala Likert 1–5, dan data
dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif statistik. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penggunaan AI memberikan banyak manfaat bagi
mahasiswa, seperti mempermudah akses informasi, membantu memahami materi
kuliah, serta mendukung penyelesaian tugas akademik secara lebih efektif. Selain
itu, AI juga mendorong peningkatan motivasi belajar dan rasa percaya diri
mahasiswa. Namun, penelitian ini juga menemukan adanya kecenderungan
ketergantungan terhadap AI yang dapat mengurangi kemandirian belajar dan
kemampuan berpikir kritis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
pemanfaatan teknologi AI memberikan manfaat signifikan dalam menunjang
kompetensi akademik mahasiswa, tetapi perlu digunakan secara bijak agar tidak
menimbulkan dampak negatif. |
en_US |