Research Repository

Pola Komunikasi Behavioristik Guru Dalam Pengembangan Siswa Secara Holistik Di MIN 2 Kota Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Putri, Adella Natasya
dc.date.accessioned 2025-10-13T12:14:52Z
dc.date.available 2025-10-13T12:14:52Z
dc.date.issued 2025-09-11
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/29032
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kualitas komunikasi guru dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif serta mendukung pengembangan siswa secara menyeluruh, baik pada aspek kognitif, afektif, sosial, emosional, maupun spiritual. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pola komunikasi behavioristik yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran dan peranannya dalam pengembangan siswa secara holistik di MIN 2 Kota Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan pola komunikasi behavioristik dengan penguatan positif berupa pujian, hadiah sederhana, dan tepuk tangan, serta penguatan negatif melalui teguran edukatif yang tidak bersifat fisik. Komunikasi dilakukan secara verbal dan nonverbal dengan gaya demokratis, yang memberi ruang bagi siswa untuk berpendapat sekaligus menumbuhkan kedisiplinan. Pola komunikasi tersebut terbukti meningkatkan motivasi belajar, partisipasi aktif, kedisiplinan, serta membentuk karakter religius dan tanggung jawab siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pola komunikasi behavioristik guru berperan signifikan dalam mendukung pengembangan siswa secara holistik. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Pola Komunikasi en_US
dc.subject Behavioristik en_US
dc.subject Guru en_US
dc.subject Pengembangan Holistik en_US
dc.subject MIN 2 Kota Medan en_US
dc.title Pola Komunikasi Behavioristik Guru Dalam Pengembangan Siswa Secara Holistik Di MIN 2 Kota Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account