Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode
pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar peserta didik pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII. Metode pembelajaran Index Card
Match merupakan pendekatan yang menyesuaikan proses belajar dengan
kebutuhan, minat, dan gaya belajar peserta didik, sehingga dapat meningkatkan
pemahaman serta hasil belajar mereka. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan desain Quasi Experimental. Pengumpulan data dilakukan
melalui tes dan dokumentasi. Analisis instrumen menggunakan uji validitas dan
reliabilitas, sedangkan analisis data memanfaatkan uji Paired Samples Correlation
dan Paired Samples T-Test. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata nilai
pre-test sebelum penerapan penggunaan pembelajaran Index Card Match sebesar
61,2, sedangkan rata-rata nilai post-test setelah penerapan metode tersebut
meningkat menjadi 84,8. Nilai Signifikansi (2-tailed) yang diperoleh adalah 0,01
< 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Index Card
Match berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII SMP Muhammadiyah 50 Medan.