Abstract:
Penelitian ini mengidentifikasi bahwa minat belajar siswa di Sanggar Kegiatan
Belajar (SKB) Kota Binjai mengalami penurunan yang signifikan, terutama
setelah pembelajaran tatap muka dimulai kembali. Hal ini ditunjukkan dengan
kurangnya motivasi siswa untuk belajar, seringnya siswa mengobrol selama jam
pelajaran, serta adanya siswa yang tidak masuk sekolah tanpa alasan yang jelas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan layanan bimbingan
kelompok dalam meningkatkan minat belajar siswa di SKB Kota Binjai pada
tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara
mendalam dengan siswa dan guru bimbingan konseling. Penelitian dilaksanakan
di SKB Kota Binjai dengan melibatkan siswa yang mengalami penurunan minat
belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan layanan bimbingan
kelompok dapat meningkatkan minat belajar siswa. Siswa yang mengikuti
bimbingan kelompok menunjukkan peningkatan dalam hal pemahaman materi,
keterlibatan dalam diskusi, dan motivasi untuk mengerjakan tugas. Observasi dan
wawancara pasca layanan menunjukkan bahwa siswa lebih aktif dan antusias
dalam belajar.