Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter prososial siswa melalui
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams
Achievement Divisions) dalam pembelajaran matematika. Karakter prososial, yang
mencakup sikap tolong-menolong, empati, dan kerjasama, merupakan aspek
penting dalam perkembangan kepribadian siswa. Penelitian ini menggunakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif deskriptif,
dilaksanakan dalam beberapa siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI di SMA Kartika 1
2 Medan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi
aktivitas
pembelajaran,
kemudian dianalisis secara deskriptif untuk
menggambarkan perubahan karakter prososial siswa. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD secara bertahap
mampu meningkatkan karakter prososial siswa, ditandai dengan peningkatan sikap
tolong-menolong, rasa empati, dan kemampuan bekerja sama dalam kelompok.
Temuan ini menegaskan bahwa strategi pembelajaran yang menekankan interaksi
sosial dan tanggung jawab bersama efektif dalam mengembangkan nilai-nilai
prososial pada siswa.