dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi implementasi program Sholat Dhuha
berjamaah dalam meningkatkan kedisiplinan dan kepedulian sosial siswa di SMP
Muhammadiyah 57 Medan. Program Sholat Dhuha berjamaah merupakan bagian dari pembinaan
karakter keagamaan yang diharapkan mampu membentuk sikap disiplin serta menumbuhkan rasa
kepedulian sosial di kalangan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi implementasi program dilakukan
melalui perencanaan terstruktur, pelaksanaan yang melibatkan seluruh warga sekolah, serta
evaluasi berkala oleh pihak sekolah. Pelaksanaan Sholat Dhuha secara rutin terbukti efektif dalam
membentuk kebiasaan disiplin waktu dan meningkatkan interaksi positif antar siswa, seperti saling
membantu dan peduli terhadap sesama. Dengan demikian, program ini memberikan dampak
positif terhadap pembentukan karakter siswa, khususnya dalam hal kedisiplinan dan kepedulian
sosial. |
en_US |