Research Repository

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS 7 MTS DI PESANTREN MADANI IKHWANUL HASANAH

Show simple item record

dc.contributor.author NAFISA, SUHAILA
dc.date.accessioned 2025-10-09T03:19:36Z
dc.date.available 2025-10-09T03:19:36Z
dc.date.issued 2025-08-08
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28934
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas 7 MTs Madani Ikhwanul Hasanah. Latar belakang penelitian ini berangkat dari pandangan bahwa motivasi belajar merupakan salah satu faktor penting yang memengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 7 MTs Madani Ikhwanul Hasanah, sedangkan sampel ditentukan dengan teknik total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi, dan prestasi belajar siswa berada pada kategori baik. Namun, hasil uji regresi linear sederhana menghasilkan nilai signifikansi yaitu lebih besar dari 0,05 (0,696 > 0,05), yang berarti tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.subject Ba en_US
dc.title PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS 7 MTS DI PESANTREN MADANI IKHWANUL HASANAH en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account