dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap
hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas 7 MTs Madani Ikhwanul
Hasanah. Latar belakang penelitian ini berangkat dari pandangan bahwa motivasi belajar
merupakan salah satu faktor penting yang memengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 7 MTs Madani Ikhwanul Hasanah,
sedangkan sampel ditentukan dengan teknik total sampling. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa tingkat motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi, dan prestasi belajar
siswa berada pada kategori baik. Namun, hasil uji regresi linear sederhana menghasilkan
nilai signifikansi yaitu lebih besar dari 0,05 (0,696 > 0,05), yang berarti tidak terdapat
pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. |
en_US |