Research Repository

PENGARUH MEDIA WORDWALL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI SMP MUHAMMADIYAH 4 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author JAMIL, NURUL IZZAH SAJIDAH
dc.date.accessioned 2025-10-09T03:08:32Z
dc.date.available 2025-10-09T03:08:32Z
dc.date.issued 2025-08-14
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28931
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Wordwall terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis di SMP Muhammadiyah 4 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi-experimental design) dan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh di SMP Muhammadiyah 4 Medan. Instrumen yang digunakan berupa angket minat belajar yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan (penggunaan media Wordwall dalam pembelajaran). Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan Uji Wilcoxon Signed-Rank Test untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara minat belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media Wordwall. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi (Asymp. Sig. 2-tailed) sebesar < 0,001, yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Artinya, penggunaan media Wordwall dalam pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadis di SMP Muhammadiyah 4 Medan. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject pengaruh en_US
dc.subject media Wordwall en_US
dc.title PENGARUH MEDIA WORDWALL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI SMP MUHAMMADIYAH 4 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account