dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Wordwall
terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis di SMP
Muhammadiyah 4 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan metode eksperimen semu (quasi-experimental design) dan rancangan One
Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh di
SMP Muhammadiyah 4 Medan. Instrumen yang digunakan berupa angket minat
belajar yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan (penggunaan media
Wordwall dalam pembelajaran). Data yang diperoleh kemudian dianalisis
menggunakan Uji Wilcoxon Signed-Rank Test untuk menguji hipotesis penelitian.
Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara minat
belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media Wordwall. Hal ini
dibuktikan dengan nilai signifikansi (Asymp. Sig. 2-tailed) sebesar < 0,001, yang
lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar siswa sebelum dan
sesudah perlakuan. Artinya, penggunaan media Wordwall dalam pembelajaran
berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan minat belajar siswa pada
mata pelajaran Al-Qur‟an Hadis di SMP Muhammadiyah 4 Medan. |
en_US |