dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis
Scratch pada materi Statistika dan Pengolahan Data untuk meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII MTs Persiapan Negeri 4 Medan.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan
model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,
dan Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari ahli materi, ahli media, guru
matematika, serta siswa kelas VIII. Instrumen yang digunakan meliputi lembar
validasi ahli, angket respon siswa, serta tes hasil belajar (pretest dan posttest). Data
dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1) media pembelajaran berbasis Scratch yang dikembangkan dinyatakan
sangat valid oleh ahli materi dan ahli media dengan persentase kelayakan di atas
90%; (2) uji praktikalitas memperoleh persentase sebesar 91,33% dengan kategori
sangat praktis; (3) hasil belajar siswa meningkat secara signifikan, dengan rata-rata
nilai pretest sebesar 58,75 meningkat menjadi 85 pada posttest, serta N-Gain
sebesar 0,78 yang berada pada kategori tinggi. Dengan demikian, media
pembelajaran berbasis Scratch pada materi Statistika dan Pengolahan Data yang
dikembangkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif serta mampu
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII. |
en_US |