dc.description.abstract |
Layanan bimbingan kelompok adalah upaya bantuan kepada siswa dalam suasana
kelompok, melalui dinamika kelompok untuk mendapat kesempatan dalam
mengembangkan diri, sikap, wawasan, pemahaman, dan nilai serta untuk
memperoleh berbagai informasi yang berkaitan dengan peningkatan/tumbuh
kembangnya literasi siswa yang dilaksanakan dalam empat tahap pelaksanaan
yaitu:
tahap pembentukan, peralihan, kegiatan dan pengakhiran dengan
memperhatikan kondisi UCA (understanding, comfort, dan action).. Artinya peserta
didik perlu memahami diri, seperti memahami kemampuan, potensi, bakat, minat,
kepribadian dan prestasi. Pemberian layanan bimbingan kelompok dilaksanakan
untuk membekali para peserta didik dengan pengetahuan tentang data dan fakta di
bidang pendidikan sekolah, bidang pekerjaan dan bidang perkembangan pribadi
sosial. Supaya peserta didik mampu mengatur dan merencanakan kehidupan
sendiri. Adapun fokus masalah dalam penelitian adalah ini bagaimana mionat karir
siswa melalui digital career module dalam bimbingan kelompok di SMP Swasta
Awwal Karya Pembangunan Galang, apa saja hambatan dalam penerapan minat
karir siswa di SMP Swasta Awal Karya Pembangunan, dan bagaimana cara
mengatasi hambatan yang terjadi di SMP tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui minat karir siswa melalui digital career module dalam bimbingan
kelompok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik
pengumpulan data melalui obervasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek
dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling,
informan dua puluh orang, diantaranya kepala sekolah , guru BK dan 15 orang
siswa SMP Swasta Awal Karya Pembangunan Galang. |
en_US |