dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan Layanan Bimbingan
Kelompok melalui Film Animasi untuk Meningkatkan Self – Tolerance Siswa
Kelas VIII SMP Negeri 35 Medan Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yaitu
one grup pretest and postest design. Pipulasi pada penelitian ini berjumlah 50 orang
siswa, sedangkan dalam penentuan sampel penelitian ini menggunakan purposive
sampling berdasarkan krtiteria Self – Tolerance, dengan jumlah 8 orasng siswa di
kelas VIII yang berbeda 4 orang siswa dari kelas VIII-8 dan 4 orang siswa dari kelas
VIII-11. Adapun instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket yang
berjumlah 26 item pernyataan yang bertujuan untuk mengukur tingkat sikap Self –
Tolerance peserta didik. Penelitian ini menggunakan Wilcoxon dan juga
menggunakan SPSS 30. Adapun perolehan hasil penelitian ini yaitu probabilitas
Asymp. Sig. (2tailed) Sikap Self - Tolerance siswa pada kelompok eksperimen
sebesar 0,012 atau probabilitas dibawah alpha 0,05 (0,012<0,05) maka Ho ditolah
dan Ha diterima. Disimpulkan adanya perbedaan antara hasil pretest dan postest
terkait tingkatan Self – Tolerance. Dengan demikian dapat dikatakan Layanan
Bimbingan Kelompok melaui Film Animasi Efektiv untuk Meningkatkan Self
Tolerance Siswa Kelas VIII Smp Negeri 35 Medan. |
en_US |