dc.description.abstract |
Penelitian akademik ini memiliki orientasi untuk mengidentifikasi keefektifan
Pelayanan Bimbingan Klasikal melalui media kartu kuis interaktif guna
meningkatkan motivasi pembelajaran siswa tingkat menengah pertama kelas VIII
institusi Muhammadiyah Sukaramai wilayah Medan periode akademik 2024/2025.
Riset tersebut memanfaatkan pendekatan numerik dengan metode eksperimental
menggunakan desain kelompok tunggal pra-ujian dan pasca-ujian. Popiulasi
difokuskan pada tingkat VIII, sementara penetapan sampel penelitian
mengaplikasikan teknik Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan
dalam riset ini berupa kuesioner sejumlah 36 butir mengacu 6 parameter motivasi
belajar. Analisis menggunakan teknik Wilcoxon dan bantuan aplikasi SPSS 31.
Perolehan hasil penelitian menunjukkan probabilitas Asymp. Sig. (2tailed) 0,001
yang lebih rendah dari alpha 0,05 (0,001<0,05) sehingga Ho ditolak dan Ha
diterima. Konklusi menunjukkan adanya keefektivan Layanan Bimbingan Klasikal
menggunakan kartu kuis untuk meningkatkan motivasi belajar siswa tingkat VIII
SMP Muhammadiyah Sukaramai Medan. |
en_US |