Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) berbantuan video pembelajaran terhadap pemahaman
konsep matematika siswa kelas XI di SMA Budi Satrya Medan Tahun Pelajaran
2024/2025. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya pemahaman
konsep matematika siswa yang ditunjukkan dengan kurangnya kemampuan
menyatakan ulang konsep, memberikan contoh, dan menerapkan konsep dalam
penyelesaian masalah. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi
experimental design) dengan desain nonequivalent control group design. Sampel
terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran
menggunakan model PBL berbantuan video dan kelas kontrol dengan model
konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian dengan indikator
pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest
kelas eksperimen sebesar 83,20 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar
77,80. Uji hipotesis menggunakan independent sample t-test menunjukkan nilai
signifikansi 0,001 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara
penerapan model PBL berbantuan video pembelajaran terhadap pemahaman
konsep matematika siswa. Dengan demikian, penerapan model PBL berbantuan
video pembelajaran efektif meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa,
khususnya pada materi Diagram Pencar.