| dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran
kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan Manajemen Berbasis
Sekolah (MBS) di SD Swasta Harapan Sakti Hamparan Perak. Fokus penelitian
meliputi: (1) jenis kepemimpinan yang diterapkan kepala sekolah, (2) bentuk
pengembangan MBS dalam aspek sarana prasarana, kurikulum, dan kualitas
guru, serta (3) peran kepala sekolah sebagai pengawas dalam implementasi
MBS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik
pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan kepemimpinan
transformasional yang ditandai dengan inovasi, motivasi, serta komitmen
terhadap pengembangan profesional guru. Pengembangan MBS dilakukan
secara sistematis melalui optimalisasi sarana prasarana, pengembangan
kurikulum berbasis lokal, dan peningkatan kompetensi guru. Selain itu, kepala
sekolah juga menjalankan fungsi pengawasan internal secara aktif untuk
menjamin keberlangsungan dan efektivitas program sekolah. Temuan ini
menegaskan bahwa kepemimpinan yang visioner dan partisipatif memiliki peran
sentral dalam mendorong kemandirian dan peningkatan mutu pendidikan di
sekolah berbasis MBS. |
en_US |