Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Di Smp Negeri 4 Medang Deras Tp.2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.author Khairunissa, Rahma
dc.date.accessioned 2025-10-06T03:53:28Z
dc.date.available 2025-10-06T03:53:28Z
dc.date.issued 2025-08-22
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28858
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMP. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan VIII-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes uraian yang telah divalidasi. Analisis data menggunakan uji-t setelah melalui uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara nilai posttest kedua kelas, dengan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian, model pembelajaran inkuiri berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Model pembelajaran Inkuiri en_US
dc.subject penalaran Matematis en_US
dc.subject Pembelajaran Matematika en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Di Smp Negeri 4 Medang Deras Tp.2024/2025 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account