Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Educaplay terhadap
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 06
Belawan pada materi Teorema Pythagoras. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada
rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal non-rutin yang memerlukan
pemahaman mendalam serta strategi penyelesaian yang sistematis. Media Educaplay
dipilih karena menyediakan aktivitas interaktif yang dapat meningkatkan minat belajar
dan kemampuan berpikir kritis siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas VIII-6
yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes
uraian yang mengukur kemampuan pemecahan masalah dan angket persepsi siswa
terhadap penggunaan media Educaplay. Hasil analisis menggunakan paired sample t-test
menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh yang
signifikan dari penggunaan media Educaplay terhadap kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa. Hasil regresi linier sederhana menunjukkan bahwa persepsi siswa
terhadap media Educaplay memberikan kontribusi sebesar 58% terhadap peningkatan
kemampuan tersebut.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media Educaplay
merupakan media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa dan layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika yang inovatif dan interaktif.